Kematian

Hari ini masyarakat Indonesia dikejutkan oleh berita duka, Ustadz Jefri Al-Buchori meninggal dalam kecelakaan tunggal saat ia mengendarai motor pada dini hari tadi. Ia meninggal di usia yang terbilang muda, 40 tahun. Jadi teringat saat Ayah saya meninggal. Walau beliau sempat di rawat di Rumah Sakit justru saat meninggal ia tidak sedang berada di Rumah Sakit namun di perjalanan sepulang dari latihan pernafasan. Waktu itu, usia ayahpun masih terbilang muda, yaitu 56 tahun. Teringat juga suami teman yang tahun lalu meninggal, ia juga masih terbilang muda, dan meninggal juga secara mendadak setelah berolahraga pagi.

Usia manusia di dunia tidak pernah ada yang mengetahui, itu salah satu misteri Allah. Semua sudah digariskan oleh-Nya. Kita pasti kembali kepada-Nya hanya menunggu giliran saja. Lalu, apakah kita sudah siap? *self note*.

Setiap kematian seseorang merupakan pengingat bagi kita yang masih hidup. Begitu juga hari ini, banyak pengingat yang saya dapatkan.

Jangan sampai tertipu dengan usia muda, karena syarat mati tidak harus tua. Jangan terpedaya dengan raga yang sehat, karena syarat mati tidak harus sakit. Jika tiba waktunya, siapkah diri kita menyambut datangnya kematian? Teruslah berbuat baik, berkata baik, memberi nasehat yg baik, walau tak banyak orang mengenalmu, cukuplah Allah mengenalmu lebih dari yg lain via

Rasulullah Saw bersabda, “Sering-seringlah mengingat si penutup segala kelezatan (kematian)”. (HR Tirmizi). Seorang sahabat Anshar bertanya kepada Rasulullah, “Siapakah orang yang paling cerdas dan pemurah, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab,”Yaitu orang yang sering mengingat mati dan orang yang paling baik persiapannya dalam menghadapi kematian. Itulah orang yang paling cerdas, yang akan memperoleh kehormatan (kebahagiaan) dan di dunia ini dan kemuliaan di akhirat kelak” (HR Tirmizi).

Semoga kita semua senantiasa siap dalam menghadapi kematian yang kita tidak pernah tahu kapan namun pasti datangnya. Semoga dengan doa, kita ditakdirkan meninggal dalam keadaan khusnul khotimah. Aamiin.

Advertisements

One thought on “Kematian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s